Presiden Soekarno dan Pejabat Pemerintah Uni Soviet persis dibelakan Pesawat Dolok Martimbang
Pesawat kepresidenan pertama yang digunakan oleh Presiden Soekarno adalah Ilyushin Il-18 yang merupakan pemberian dari pemerintah Uni Soviet.[7][8] Pesawat ini diberi nama Dolok Martimbang dan ditempatkan di Skuadron Udara 17 TNI Angkatan Udara pada waktu itu. Pesawat ini tidak dirancang secara khusus sebagai pesawat kepresidenan. Dolok Martimbang, suatu gunung (dolok) yang bernama Martimbang terdapat di Kabupaten Tapanuli (Utara), Provinsi Sumatera Utara. Di kaki gunung ini terdapat lembah (rura) Silindoeng yang subur yang dipenuhi sawah-sawah yang luas.  
Panorama Dolok Martimbang di Tapanuli Utara, Sumut
Saat pesawat jenis IL-14 buatan Uni Soviet mendarat kali pertama di Pangkalan Udara Halim (Tjililitan) tanggal 10 Mei 1957. Presiden Soekarno langsung meninjau ke bandara dan spontan memberi nama Dolok Martimbang. Semua orang yang hadir ‘molohok’. Spontanitas pemberian nama itu pada dasarnya bukan tanpa pemikiran. Saat itu situasi dan kondisi negeri tengah mengalami krisis karena di Sumatera Tengah tengah terjadi pemberontakan. Presiden Soekarno sebelumnya sudah mengetahui arti legenda Dolok Martimbang. Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Tapanoeli pada bulan Maret 1953. Untuk menjaga tetap terjadi persatuan dan kesatuan bangsa, Presiden Soekarno membutuhkan simbol yang sesuai. Legenda Dolok Martimbang menjadi penting. Itulah mengapa nama pesawat kepresidenan diberi nama Dolok Martimbang.
Sumber: pspjurnal
Nama Dolok Martimbang sudah ada dibenak Presiden Soekarno. Arti nama Dolok Martimbang bagi penduduk di Tapanoeli di Silindoeng sudah dipahami oleh Presiden Soekarno. Oleh karena itulah Presiden Soekarno dengan spontan memberi nama pesawat kepresidenan yang baru mendarat dengan nama Dolok Martimbang (Gunung Perdamaian). -
Sumber referensi: Poestahadepok, pspjurnal


JANGAN LUPAKAN SEJARAH!!!

10 Comments

  1. Baru tau kalo ternyata daerah Tapanuli punya sejarah membekas di presiden pertama kita. Sampai-sampai pesawat pertama pun diberi nama gunung yang ada di daerah itu. Setuju bang, JAS MERAH!!! jangan sekali-kali melupakan sejarah!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, wktu dlu sumatera utara termaksud daerah yg paling sering dikunjungi presiden soekarno.

      Delete
  2. Bangga jadi anak sumatera utara ya bang, nama daerah Dolok Martimbang dijadikan nama pesawatnya presiden pertama kita, thanks infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul. .
      Sebagai anak sumatera utara, bangga juga pesawat kepresidenan pertama yg diberi nama salah satu gunung di sumut; Dolok Martimbang.

      Delete
  3. Presiden yang satu ini memang luas kali pengetahuannya. Awesome kali beliau. bahkan di beberapa negara begitu dipuja karena kecerdasannya.

    ReplyDelete
  4. dibelah mana taput bang gunung dolok martimbang ini? kok jdi penasaran awak.

    ReplyDelete
  5. Ooo pesawat kepresidenan pertama Bung Karno namanya Dolok Martimbang ya, sama kayak nama kereta api ke Siantar kl gak salah namanya KA Martimbang juga ya Bg. Nice share ini

    ReplyDelete
  6. Wah, hebat ya, Soekarno selalu punya cara untuk memersatukan bangsa dalam sebuah moment. Dolok Martimbang alias gunung perdamaian.😊🙏

    ReplyDelete
  7. Panorama Dolok Martimbang ini keren banget ya bang. Wajar bisa jadi nama pesawat pertama kepresidenan.

    ReplyDelete
  8. Wih.. Jujur bg gk pernah terfikirku nama pesawat pertama presiden namanya begitu. Trnyata tanah sumatera pamormya sudah dari dulu ya

    ReplyDelete