Breaking News

Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Memeriksa Kesehatan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha 1440


Padangsidimpuan, 2019 - Menjelang hari raya Idul Adha 1440 hijriah, Dinas Pertanian, Bidang Peternakan-Keswan Kota Padangsidimpuan Jum'at (9/8) siang, memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah titik Penampungan Hewan kurban di Kota Padangsidimpuan.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa semua hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak. Pemeriksaan hewan kurban meliputi fisik yakni mata, gigi, hidung dan mulut, termasuk umur hewan kurban.


Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Padangsidimpuan Fitrah Lubis, didampingi Dokter hewan Nelly Nasution, Petugas lapangan Arif Santoese dan Edorivalda Pane, memastikan hewan kurban di Padangsidimpuan dalam dalam kondisi sehat, sebanyak 784 sapi dan 72 hewan kurban dalam kondisi sehat. 

Pada tahun ini terjadi penurunan 20 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 900 ekor sapi," katanya.


"Dipastikan saat ini kondisi hewan kurban sehat, tidak ada ditemukan kondisi hewan yang sakit dari hasil pemeriksaan kita dibeberapa titik, ini program rutin setiap tahunnya," katanya.

Dan salah satu penampung ternak mengatakan pemeriksaan ini sangat perlu, karna surat kesehatan hewan kurban yang diberikan sangat dibutuhkan untuk mengantar hewan kurban keluar kota jika ada pemeriksaan angkutan di perjalanan tiba-tiba.



Sementara Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Padangsidimpuan Parimpunan Siregar juga mengatakan, petugas telah selesai melakukan pemeriksaan selama tiga hari di lapangan untuk hewan kurban.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, tidak ditemukan penyakit membahayakan pada hewan kurban tersebut.
Penulis

16 komentar:

  1. Dinas pertanian padang Sidempuan cekatan ya bang. Ini supaya menghindari sapi dan hewan kurban lain yang sakit dan membuat masyarakat juga tidak sehat bila mengkonsumsi nya

    BalasHapus
  2. Program pemerintah ini bagus sekali untuk menjaga kesehatan hewan kurban yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat. Layak diterapkan di daerah lainnya.

    BalasHapus
  3. Di tempat kami pun jumlah hewan qurbannya mengalami penurunan.
    Gimana gak ya, harga nya naik tapi gaji gak naek... Gelagapan ngatur pengeluaran, jd dah yg qurban pun jadi mengalami penurunan..
    Semoga tahun depan lebih baik, Aamiin...

    BalasHapus
  4. Good job lah dinas pertanian sidempuan ini memastikan hewan qurban dalam kondisi fit.

    BalasHapus
  5. Keren ini dinas pertaniannya, karena memang banyak yang kurang teredukasi, memakai hewan kurban yang sakit padahal itu bisa membahayakan penerima kurbannya nanti.

    BalasHapus
  6. Layanan Pemeriksaan kayak gini free atau berbayar ya bang?

    BalasHapus
  7. wuah, kemaren dinas peternakannya. ini dinas pertaniannya. kelihatan sekali pasid sudah benar-benar berbenah ya bang

    BalasHapus
  8. rajin kali ya memang dinas pertanian PSP ini. kemaren vaksin hewan peliharaan kayak anjing. ini periksa hewan kurban. kalo ada dokter hewan mending ke PSP ya, banyak kerjanya, banyak manfaatnya :D

    BalasHapus
  9. Mantul dinas pertaniannya, momen yang pas saat persiapan idul adha dengan menjaga kebersihan dan kesehatan hewan kurban

    BalasHapus
  10. Pernah jaman old pas bersihin hati lembu jumpa ulat, hiiyyy... Trus gak berani lg pegang ntu daging. Mungkin pas jauh² hari sblm qurban gak ada pemeriksaan kesehatan hewan kayak sekarang ya...

    BalasHapus
  11. Dinasnya tanggap, dengan begini calon konsumen akan merasa aman saat mengkonsumsi daging

    BalasHapus
  12. Dinasnya gercep ya bg. Semoga di sini juga bisa segera seperti dinas di sana. Soal penurunan, sepertinya hampir di seluruh daerah deh. Di sini juga turun. Biasnya tiga atau dua ini hanya satu saja.

    BalasHapus
  13. Di tempat lain gini juga gak yaa,
    Bagus banget ini karena kan dalam hal ini berkurban adalah salah satu perintah Allah Ta'ala jadi emang harus terjamin 'kondisi baik' hewan kurban biar berkah bagi yang berkurban

    BalasHapus
  14. Ini memang tugas wajib dari Dinas Pertanian dan Peternakan setiap tahunnya. Mengecek kesehatan dari hewan Qurban. Patut ditiru oleh dinas terkait dari kota lainnya.

    BalasHapus
  15. Ini penting banget memang yaaa.. jangan sampai ada hewan kurban yang sakit

    BalasHapus