Breaking News

Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Kota Padangsidimpuan Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan (KUMPUL)


Padangsidimpuan, 2019 - Sejumlah mahasiswa peduli lingkungan yang terhimpun dalam Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan Tabagsel/ Sumut melakukan kegiatan Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Kota Padangsidimpuan Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan (KUMPUL), bertempat di Aula SPMA Padang matinggi, Kota Padangsidimpuan (02/02).

Dalam pelatihanya, Ketua Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan Tabagsel/ Sumut. Asmar Husin Rangkuti memberi sambutan kepada seluruh undangan yang ikut hadir berbagai kalanga mahasiswa, pengurus organisasi, pemateri dan juga khususnya Kepala Diskominfo Kota Padangsidimpuan yang berkesempatan hadir di pelatihan tersebut. Asman Husin Rangkuti juga berharap kepada seluruh mahasiswa menyimak seluruh penyampaian kata dari pemateri yang nanti bakalan disampaikan dan juga kearah mana peran mahasiswa terhadap kepedulian lingkungan terhadap kota padangsidimpuan dan sekitarnya.

Selanjuntnya dalam kesempatan ini menjadi pemateri pertama diawali oleh Kepala Diskominfo Kota Padangsidimpuan, Bapak Islahuddin Nasution, S.Sos membahas mengenai program 100 hari kerja pemerintah dibawa kepemimpinan Bapak Irsan Effendi Nasution dan Arwin Siregar Walikota dan wakil Walikota terpilih tahun 2018 yang sudah berjalan dan ditepati mereka.

Salah satunya program pemerintah yaitu peluasan bahu jalan dengan melarang bangunan rumah/ kios-kios dll berdiri di atas paret karna menyempitnya bahu jalan, selanjutnya program kerja jumat bersih dimana setiap hari jumat pemerintah kota padangsidimpuan mengadakan gotong royong bersama di kecamatan supaya memperinda lingkungan sekitar  dengan mottonya Sidimpuan Bersinar dan masih banyak lagi program kerja yang bakalan dikerjakan pemerintah ujar Kepala Diskominfo.


Kepala Diskominfo Islahuddin Nasution, S.Sos memberikan memaparkan materi kepada kalangan mahasiswa yang hadir. (Sumber: relasiparadigma.com)

Ketua KUMPUL memberikan simbolis kenang-kenangan kepada Kepala Diskominfo Kota Padangsidimpuan (Sumber: relasiparadigma.com) 

Pemateri kedua dibawakan oleh petugas Dinas DAMKA Kota Padangsidimpuan Tampat Harahap S. Pd. & Heriandi  dalam hal ini mereka membawa dua materi pelatihan yaitu Pemateri I Pengertian Api, dan Pemateri II Evakuasi Kebakaran.

Pemaparan materi kedua disampaikan petugas Dinas DAMKA Kota Padangsidimpuan (Sumber: relasiparadigma.com)  

Mereka menjelaskan mengenai teori dasar api ada 3 unsur yaitu ada bahan, ada oksigen (O2) dan ada sumber panas, namun ketiga unsur ini kita hilangkan salah satunya maka api tidak akan terjadi, inilah yang di namakan segitiga api, selanjutnya mereka juga mengadakan praktek langsung Evakuasi kebakaran dan peran KUMPUL dalam kegiatan ini? jawabanya KUMPUL ikut juga berperan sekarang setelah tahu dasar-dasar pelatihan evakuasi  kebakaran membantu masyarakat sewaktu-waktu terjadi kebakaran disekitar, dalam pelatihan ini KUMPUL sudah tahu pertolongan pertama yang harus dikerjakan pas terjadi kebakaran.

Praktek dasar oleh petugas Damkar evakuasi korban (Sumber: relasiparadigma.com)  

Dan pemateri terakhir yang ke 3 disampaikan langsung oleh Stap Dinas Lingkungan Hidup Kota Padangsidimpuan Wahid ramadhan Daulay, ST membahas mengenai Manajemen Pelestarian Lingkungan Hidup, dalam hal ini membahas konsep 3 R yaitu 1. Reduce: pengurangan Jumlah Sampah, 2. Reuse: Pemanfaatan Kembali Smpah, dan 3. Recycle: Mendaur Ulang sampah.

Tidak ada komentar