Breaking News

Uniknya! Makanan Daerah Tabagsel, Sumatera Utara. No 4 Udah Jarang Ditemukan

Kalau bicara tentang makanan, emang ga ada habisnya. Apalagi makanan tradisional khas Indonesia, pasti membuat kamu tergoda untuk segera mencicipinya. Seperti halnya dengan makanan khas yang unik dari salah satu suku di Provinsi Sumatera yaitu Mandailing. Penasaran gimana sih makanan khas dari Suku Mandailing ini? Yuk kita lihat di bawah ini.

1. Gulai Ikan Limbat/ ikan sale

Gulai ikan limbat

Makanan yang pertama ini namanya adalah gulai ikan sale. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah dari ikan yang digunakan. Ikan yang digunakan pada umumnya adalah ikan sungai yang terlebih dahulu diasapin hingga kering.

2. Sayur bulung gadung

Sayur bulung gadung 

Dalam bahasa Indonesia bulung gadung artinya adalah daun singkong. Di sini cara pengolahannya adalah daun singkong ditumbuk hingga halus dengan rempah-rempah seperti bawang, kunyit, jahe dan lainnya. Selanjutnya ditambahkan santan. Rasanya dijamin lezat dan bikin nagih.

3. Pakkat (pucuk rotan)


Pakkat

Pakkat atau pucuk rotan, biasanya makanan ini banyak di jual di sepanjang jalan Kota Medan saat bulan puasa. Makanan inipun diolah sangat mudah. Cukup dibakar dan dimakan dengan sambal cabe mentah. Rasa pahit dan pekat dari Pucuk Rotan inilah yang membuat para penikmatnya ketagihan untuk terus memakannya.

4. Sambal kantori joruk


Sambal kantori joruk 

Sambal yang satu ini adalah makan khas suku mandailing yang benar-benar unik. Sambal kantori joruk ini adalah sambal yang bahan utamanya adalah teri dan durian. Cara memasak makanan ini sama seperti cara memasak sambal teri pada umumnya, bedanya di sini ditambahkan buah durian yang sudah difermentasikan.


5. Gule asam pade

Gule Asam Pade

Berikutnya ada gule asam pade. Gule ini terbuat dari ikan jenis apa saja yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas mandailing tanpa menggunakan santan melainkan menggunakan air biasa. Rasa pedas dan asam merupakan ciri khas gule ini sehingga menghasilkan rasa gurih di lidah.

Gimana, tertarik tidak untuk mencicipinya? Dijamin deh bakan ketagihan. ^_^))

9 komentar:

  1. Yang belum nyobain sayur pakkat sama sambal durian teri...hehehe...biasanya suka nemu sambal durian yang diasamkan gitu, pekasam kami bilangnya. Tapi pyur sambal. Kalau ini dicampur teri...boleh juga diicip2 kalau nemu makanan khas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok kak dtng aja ke daerah saya banyak kuliner disini 😅 kalo Pakat dimedan pun masih ada jualnya kak, barisan rmh makan jalan amplas ada itu. 😁 Klo kantorik joruk emang udh langkah kali.

      Hapus
  2. Semua makanan kesukaan alm. Ayah Meski pun bukan orang Mandailing.
    Kakak ipar tinggal di sana, kebetulan anak saya yang Mandailing ini pun suka makanan ala ala Mandailing. Apalagi ikan asap (sale).
    Mhhh slruuppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan favorit org Mandailing itu kak 😊

      Hapus
  3. gule asam pade dari tabagsel ya? aku kira dari sumbar 😁

    BalasHapus
  4. Sebahagian besar menu makanan di atas dah dimasak sehari-hari di rmh awak..
    Karena tabagsel adalah kampung awak hehehe

    BalasHapus
  5. No. 1 makanan favoritku dulu waktu kuliah, ibu sebelah kosanku orang Mandailing buka kedai nasi. Ih, jadi ingat lagi deh. Hiks

    BalasHapus
  6. Dari semua itu cm kumakan asem pade selebihnya ga pernah apalagi Pakkat itu aneh ahaha, tapi apa salahnya semua ku coba y kan abng

    BalasHapus
  7. Aku penasaran dengan nomor 3 dan 4 karena belum pernah mencicipi makanan tersebut. Kalau 1, 2, dan 5 sudah pernah meski nomor 2 itu namanya beda

    BalasHapus