Pilih Blogspot atau WordPress?

Pilih Blogspot atau WordPress?


Dunia blog memang sudah ada sejak lama. Beberapa orang sudah mulai menggeluti dunia ini, namun ada juga yang sampai sekarang menanyakan apakah blogging ini prospektif atau tidak. Mereka selalu bertanya tanpa melakukan aksi yang nyata.
Ada banyak sekali platform penyedia blog yang bisa menunjang kamu untuk menikmati blogging. Namun ada dua diantaranya yang sangat banyak penggunanya, blogger dan wordpress. Maka dari itu untuk teman-teman yang baru mau mulai nge-blog sebaiknya pilihlah satu diantara kedua penyedia blog ini.
Dalam tulisan kali ini saya akan coba membandingkan berdasarkan pengetahuan saya. Dan diakhir tulisan saya akan menyimpulkan satu yang menurut saya pas buat belajar nge-blog.

BLOGSPOT

Ini merupakan platform milik google yang bisa kamu pakai secara gratis. Banyak sekali para blogger yang saat pertama kali ngeblog memilih platform ini ketimbang yang lain. Sebab selain pengoperasiannya mudah, platform ini sangat mudah dimodifikasi. Tidak heran kalau kita menjumpai banyak sekali tampilan blog yang lucu dan unik.
Blogspot lah yang manjadi pelopor istilah blogger itu mulai muncul dikalangan dunia maya. Banyak para blogger yang sampai saat ini masih betah di platform ini karena memang pengoperasiannya mudah dan yang paling penting adalah SEO Friendly.
SEO Friendly maksudnya adalah google akan mengiring langsung jika ada orang yang mencari suatu topik yang ternyata ada di blog kamu. Enakkan?

WORDPRESS

Sebelum ke blogspot saya dulu perna menggunakan wordpress menulis berupa sub domain. Jadi saat mau mengubah sub domain ke domain (.com) saya harus mengeluarkan biaya lebih mahal dibanding Blogspot tapi WordPress merupakan platform terfavorit pembisnis dari diantaranya.
Tidak beda jauh dengan blogspot, wordpress pun menyediakan layanan gratis bagi kamu yang masih baru mau belajar nge-blog. Namun dari segi tampilan wordpress sangatlah kaku dan sulit untuk dimodifikasi.
Saran terbaik saya adalah pilihlah blogspot karena memeberikan banyak kemudahan. Jika sudah menentukan pilihan langkah selanjutnya adalah membuat blog di platform yang sudah kamu pilih.

Post a Comment

13 Comments

  1. Saya salah satunya yang pernah membiarkan blog mati suri, kayak rumah kosong banyak sawang laba2.
    Buat blogspot dari 2008, tapi baru mulai lagi rajin ngisi setelah gabung di blogsum,
    memang enaknya berjamaah.
    Biar saling mengingatkan. Heheheheh

    ReplyDelete
  2. wih.. ku dari dulu blogspot wae. wordpress menarik tampilannya tp ntah kenapa hatiku terikat pada blogspot aja hahaha

    ReplyDelete
  3. Lebih tertarik sama blogspot sih dibanding wordpress

    ReplyDelete
  4. Aku kenal blog tahun 2008 waktu mau kelulusan SMA. Guru kami beri syarat untuk buat blog agar kami lulus. Dan saat itu, aku pakai wordpress. Isinya cuma photo teman teman SMA. Lalu pas kuliah, aku masukkan photo teman kampus.

    Trus mulai menekuni blog sekitar tahun 2015 karena aku juga sebagai jurnalis. Menurutku sejalan. Dan aku beralih ke Blogspot. Mudah banget menurutku.

    ReplyDelete
  5. Masing2 punya fans sendiri. Sya kini tim blogger

    ReplyDelete
  6. Saya pengguna Blogspot. Platformnya gampang banget dimodifikasi. Hostingnya saya masih gratisan dari Googgle. Cuma domain yang beli. Blogspot simpel banget sik menurutku.

    ReplyDelete
  7. pernah pakai blogspot dan wordpress. tapi menurut awak blogspot lebih cocok buat dummies kayak awak ini.

    ReplyDelete
  8. Lebih suka blogspot. Dari dulu kenalnya emang blogspot. Kalau pakai wordpress malah gak paham Gacil hehe

    ReplyDelete
  9. Ya benar, blogspot lebih simple daripada Wordpress, tapi lebih Seo friendly katanya sih. Tapi bagi pemula seperti saya, saya lebih memilih blogspot, anti ribet dan murah

    ReplyDelete
  10. Saya pengguna blogspot, menurut saya tergantung keinginan kita, dan cara kita menggunakannya, dan kembali lagi, konsistensi kita menggunakan blog. dulu saya ngisi blog hanya untuk even, dan berulang kali ditegur dengan teman, Insyaa Allah kebiasaan itu akan saya buang.

    ReplyDelete
  11. Sayapun Tim blogspot...sampai akhirnya beli domain berbayar. Sudah lama banget pernah buka wordpress. Tapi cuma post 2 apa tiga tulisan habis tu mati suri trus mati beneran. Alhamdulillah letemu temen2 penggiat blog lagi tahun lalu jadi deh aktif lagi.

    ReplyDelete